Tips Mahasiswa Produktif

Mahasiswa adalah suatu individu yang melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tingi atau Universitas.

Mahasiswa juga di tuntut untuk kritis dan logis terhadap suatu permasalahan.
Tetapi tidak menuntut kemungkinan anda termasuk mahasiswa yang gagal dalam belajar ingga anda tidak bisa melanjutkan ke tahap skripsi atau difonis DO dari Universitas, ini adalah 10 cara agar menjadi mahasiswa yang produktif.

1. Perbanyaklah aktifitas
Bila anda seorang yang aktif bergerak ketika sma maupun smk maka bergeraklah, ketika anda bergerak maka saraf otak akan bekerja dan timbulnya proses berfikir(walaupun tidak secara langsung).

2. Hindari HP,game, atau pun main
Biasanya pada masalah seperti ini orak akan tumpul dan orak malah terpokus terhadap game atau gajet, cobalah untuk bergerak melakukan aktifitas ketika anda sedang libur kuliah

3. Perbanyak membaca dan referensi
Hal ini baik bagi anda kenapa ? karna referensi ataupun membaca akan melatih otak ada terus bekerja(walau terkadang cerita novel, atau hal yang kurang berkaitan dengan pembelajaran yang anda tempuh)

4. Aktif dalam organisasi
Aktif dalam berorganisasi ini penting karna kuliah hanya 4 tahun +-, biasanya orang normal bisa menyelesaikan perkuliahan dalam jangka 4 tahun, aktif dalam berorganisasi bisa melatih daya ingat, menambah aktifitas, dan paling penting adalah guru dari semua guru yaitu anada akan mendapatkan sebuah pengalaman yang mungkin akan anda terapkan di lain waktu (meskipun tidak menjamin ipk akan naik)

5. Berkarya
Mahasiswa biasanya hanya memikirkan tugas, ataupun cara rifresing. Alahngkah baiknya waktu yang adana gunakan untuk membuat suatu karya, seperti puisi, cerpen, atau pun kerajinan tangan. Hal ini baik untuk keterampilan dan mengasah otak anda agar berfikir kreatif

6. Hindari pacaran
Pacar adalah masalah utama dalam hidup, karna apaa ? di sisi lain pacaran bisa membuat otak anda kacau ataupun konslet, karna biasanya pacaran di kalanagan sekarang di anggap sebagai rumah tangga kecil, selain itu banyak kekurangan yang bisa di dampakan oleh pacaran seperti hamil diluar nikah apabila anda tidak kuat menahan nafsu.

7. Perbanya berdoa
Menjadi mahasiswa adalah suatu tantangan tersendiri terhadap aspek spritual, ketika spiritualnya lemah, maka seseorang akan mudah prustasi dan gampang menyerah, cobalah anda tawakal dan belajar dari kesalahan.

8. Jangan perbanyak main
Main memang suatu hal yang baik bagi otak dalam rangka rifresing tapi apabila terlalu banya bermain maka otak anda pula akan mengalami kecandan terhadap dunia luar yang akan berdampak pada perkuliahan anda tersendiri

9. Memilih teman
Teman adalah sesuatu hal yang paling penting setelah menikah ! teman di kampus biasanya memiliki tujuan tertentu, misalnya si A baik dalam busana dalam sikap tapi ketika kita persentasi kita dibuat pusing akan pertanyaan – pertanyaan yang mungkin blum anda kuasai.

10. Menjadi guru
menjadi guru bukanlah suatu yang gampang di lakukan selain harus bisa dalam memahami materi, tapi juga harus tau bagaimana anada menjelaskan kembali pada teman – teman anda, ketika anda menjadi guru teman anda kelebihan yang akan anada miliki yaitu adalah anda akan lebih paham dari pada teman anda.